Cara Menulis Artikel SEO Friendly Ala Mastah

cara cara menulis artikel seo friendly
Artike SEO Friendly

Ya, bagaimana sih menulis artikel SEO friendly? Apakah artikel yang tidak SEO friendly bisa bersaing di pejwan atau malah tidak pernah dikenal oleh makhluk penghuni internet?

Sebenarnya jangan terlalu pesimis jika seorang blogger tidak begitu mahir mengenai masalah ini. Google mengindeks suatu artikel dengan lebih dari 200 faktor.

Jadi hal ini menjawab pertanyaan, kenapa artikel-artikel biasa justru bisa bertengger di peringkat atas? Mungkin karena keunikan, gaya bahasa, dan engagment dengan para pembacanya.

Meskipun bertengger di peringkat satu, jika konten kita kering kerontang dari informasi tidak akan menjadikannya sebagai referensi.

Nah karena saya bukan master di bidang ini, saya menulispun tidak selalu memenuhi kaidah para mastah. Hanya ada empat poin yang saya perhatikan.

1. Judul

Masukan kata kunci ke dalam judul. Ya iyalah. Masa kita menulis tentang cara memasak ayam bakar lezat tetapi memberi judul liburan ke Ancol.

Para mastah blogging sangat berhati-hati dalam menuliskan judul. Katanya sih perlu memperhatikan dua hal dalam penulisan judul.

Pertama, judul harus menarik. Ini yang sering saya lupakan. Karena tujuan saya sekedar berbagi info, apapun judulnya tak masalah. Padahal memang dari judul saja pembaca bisa tertarik.

Coba rasakan judul berikut ini, mana yang paling menarik: Kupinang Engkau Dengan Bismilah Saya Lamar Anda Dengan Ucapan Bismillah.

Dari dua pemilihan judul di atas saja kita bisa merasakan perbedaannya.

Yang kedua, judul tidak lebih dari 70 karakter. Itu kata beberapa mesin uji SEO score. Alasannya karena google tidak dapat menampilkan judul sepanjang itu.

2. Description

Penting untuk mendeskripsikan isi dari artikel yang Anda tulis. Ini juga bukan pendapat saya pribadi lho. Deskripsi ini sebaiknya merupakan rangkuman sehingga tingkat relevansinya bisa mencapai 100%.

Melalui deskripsi tersebut, mesin telusur bisa mengira-ngira apa sih sebenarnya isi dari artikel Anda. Adapun panjang dari deskripsi usahakan sebanyak 160 karakter.

Untuk masalah deskripsi ini, saya juga sering mbalelo alias tidak mengikuti aturan. Sebodo lah hehehe...

3. Keyword

Masih katanya para mastah. Banyaknya keyword 2-4%. Keyword harus ada pada judul dan deskripsi. Dengan begitu mesin telusur memahami apa topik dari tulisan Anda.

Meskipun keyword merupakan faktor penting dalam per-seo-an, jangan terlalu memaksakannya. Kenapa? Alasannya tidak baik untuk jangka panjang. Karena pengunjung merasa kesulitan memahami apa maksud dari tulisan Anda.

Itu saja. Ya itu saja cara menulis artikel SEO friendly. Jangan terlalu dipusingan dengan sederet peraturan SEO. Menulislah yang bermanfaat. Pasti deh akan mendapat ranking pertama di hati para pembaca.


Previous
Next Post »